Beranda
Istilah
Pengetahuan
Apa itu vpn?

 

VPN adalah singkatan dari virtual private network. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menjelajahi internet secara privat dan terhubung dengan aman ke jaringan Wi-Fi terbuka atau di jaringan publik. VPN memberi pengguna kemampuan untuk mengubah lokasi virtual mereka dengan mengalihkan koneksi melalui salah satu servernya yang berlokasi di seluruh dunia. VPN juga akan mengenkripsi semua lalu lintas Anda, sehingga Anda tersembunyi dari peretas, penyedia layanan internet Anda, dan dari pengawasan pemerintah.

VPN berguna dalam membuka blokir konten yang dibatasi secara geografis dan dapat menjadi alat vital untuk mengakses informasi di negara-negara dengan pemerintahan yang represif. Ini merupakan layanan penting bagi siapa saja yang ingin mempertahankan tingkat keamanan dan privasi online yang tinggi. Namun, karena vpn ini bersifat anonim, vpn ini juga dapat digunakan untuk menyembunyikan aktivitas online ilegal seperti membajak konten dan transaksi ilegal.

Teknologi vpn ini bisa digunakan oleh siapa saja, entah itu didapatkan secara gratis ataupun berbayar, atau bahkan membuat sendiri jaringan vpn pribadi. Hampir semua perangkat gadget seperti komputer, handphone, tablet, laptop bahkan televisi bisa menggunakan layanan ini.