Dunia

Nasa Bilang, Lapisan Ozon Terus Menipis di Tahun 2022 ini

Oktober 27, 2022
0 Komentar
Beranda
Dunia
Nasa Bilang, Lapisan Ozon Terus Menipis di Tahun 2022 ini

 

Lapisan ozon sangat penting untuk memungkinkan kehidupan berkembang di Bumi. NASA telah menyamakannya dengan tabir surya atmosfer, lapisan yang melindungi kita dari radiasi ultraviolet matahari. Pada hari Rabu, NASA dan Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional mengeluarkan pembaruan tentang lubang terkenal di lapisan ozon yang terbentuk di atas Antartika setiap tahun.

Lubang itu telah diamati selama beberapa dekade. Tahun ini, mencapai area rata-rata 8,9 juta mil persegi (23,2 juta kilometer persegi) seperti yang dilacak antara 7 September dan 13 Oktober. “Area yang menipis dari lapisan ozon di Kutub Selatan ini sedikit lebih kecil dari tahun lalu dan umumnya melanjutkan tren menyusut secara keseluruhan dalam beberapa tahun terakhir,”.

Lubang tersebut disebabkan oleh bahan kimia buatan manusia, termasuk beberapa aerosol. Pemerintah di seluruh dunia berkumpul pada 1980-an dan menandatangani perjanjian yang disebut Protokol Montreal untuk menghapus penggunaan zat perusak ozon.

Ukuran lubang bervariasi setiap tahun. “Kami melihat beberapa keragu-raguan karena perubahan cuaca dan faktor lain membuat angka-angka itu sedikit bergoyang dari hari ke hari dan minggu ke minggu. Tapi secara keseluruhan, kami melihatnya menurun selama dua dekade terakhir,” kata Paul Newman, kepala ilmuwan untuk ilmu Bumi di NASA. Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard.

Lubang ozon pada tahun 2021 mengangkat beberapa alis karena sedikit chonk yang mencapai ukuran lebih besar dari Antartika pada pertengahan September. Itu adalah salah satu yang terbesar dan terdalam dalam beberapa tahun terakhir, tetapi itu tidak menggagalkan tren jangka panjang dari lubang yang menyusut.

NASA dan NOAA bekerja sama menggunakan data dari beberapa satelit untuk melacak lubang musiman. Tahun ini mencapai maksimum pada 5 Oktober dengan mencapai 10,2 juta mil persegi (26,4 juta kilometer persegi).

Penyembuhan lubang ozon adalah proposisi selama beberapa dekade karena beberapa bahan kimia yang menyebabkan lubang dapat bertahan lama. NASA merilis sebuah penelitian pada tahun 2018 yang menunjukkan bukti langsung pertama bahwa larangan bahan kimia membantu pemulihan lapisan ozon.

Menurut NOAA, lubang ozon diproyeksikan akan menutup sekitar tahun 2070. “Senang melihat kemajuan ini,” kata ilmuwan senior NOAA Stephen Montzka dalam sebuah pernyataan awal tahun ini. “Pada saat yang sama, agak rendah hati untuk menyadari bahwa sains masih jauh dari dapat mengklaim bahwa masalah penipisan ozon ada di belakang kita.”