Supermoon dan Hujan Meteor Paling Populer Muncul di Bulan Agustus

Agustus 02, 2023
0 Komentar
Beranda
Supermoon dan Hujan Meteor Paling Populer Muncul di Bulan Agustus

Pada malam Selasa, 1 Agustus, sebuah supermoon akan muncul di langit Bumi, dengan 99% penerangan terjadi selama malam.

Supermoon terjadi saat bulan mencapai penerangan puncak pada saat bersamaan dengan jarak terdekatnya ke Bumi dalam orbitnya, mencapai lebih dari 220.000 mil dari permukaan planet kita. Ini disebut perige, berbeda dengan apoge.

Disebut Bulan "Sturgeon," mengacu pada spesies ikan yang melimpah di Amerika Utara, suku-suku asli Amerika lainnya menggunakan nama yang berkaitan dengan biji-bijian, seperti jagung, beras, atau bulan panen. Ini akan menjadi bulan purnama pertama dari dua bulan purnama pada bulan Agustus, dengan yang kedua muncul pada tanggal 30, disebut Bulan Biru.

Bulan Biru akan menjadi bulan purnama terbesar dalam setahun, sementara Bulan Sturgeon akan menjadi yang kedua terbesar.

Dari arah timur laut langit pada tanggal 13 Agustus, akan datang Hujan Meteor Perseid. Dengan hampir 150 meteor setiap malam berkat Bumi melewati aliran puing-puing yang ditinggalkan oleh komet 109P/Swift-Tuttle, Perseid merupakan hujan meteor paling populer di dunia, berkat posisi pengamatannya yang baik di Belahan Bumi Utara, dan cuaca musim panas yang hangat.

Tanggal 13 Agustus akan menjadi malam hampir tanpa bulan, artinya polusi cahaya alami akan jauh lebih sedikit sehingga lebih mudah melihat bintang jatuh.

Terakhir, pada bulan Agustus, ada tiga kesempatan bagus untuk melihat Saturnus dengan bantuan teropong atau teleskop. Yang pertama terjadi pada tanggal 3 Agustus selama jam-jam menjelang fajar ketika Saturnus berjarak 2°15′ dari bulan.

Pada saat ini, Saturnus akan terlihat dengan mata telanjang, tetapi dengan bantuan teropong, Anda dapat melihat cincinnya. Kejadian yang hampir persis sama ini akan terjadi lagi pada tanggal 30 Agustus.

Kemudian pada tanggal 27 Agustus, Saturnus akan berada dalam posisi berlawanan dengan matahari dari sudut pandang Bumi, artinya Saturnus akan sangat terang. Bulan akan terang, jadi menggunakan peta bulan akan membantu Anda menggunakan teropong atau teleskop untuk menemukan dan menikmati cincinnya di tengah kegelapan.