Pengetahuan

Kenapa Fosil Dinosaurus Tidak Ada di Indonesia? Ini Jawabannya!

November 21, 2022
0 Komentar
Beranda
Pengetahuan
Kenapa Fosil Dinosaurus Tidak Ada di Indonesia? Ini Jawabannya!


 Kenapa fosil dinosaurus tidak ada di Indonesia? Pertanyaan ini mungkin pernah muncul di kepala Anda saat mempelajari tentang fosil dinosaurus. Dinosaurus sendiri merupakan makhluk reptil purba yang hidup di bumi sekitar 245 juta tahun lalu.

Mereka sudah punah diduga karena hujan meteor yang terjadi pada 65 juta tahun lalu ketika sebuah asteroid berdiameter 15 km menghantam bumi. Kejadian tersebut mematikan 75 persen spesies hewan dan tumbuhan di bumi pada saat itu.

Alasan Kenapa Fosil Dinosaurus Tidak Ada di Indonesia

Fosil dinosaurus banyak ditemukan di Benua Afrika, sedangkan di Benua Asia fosilnya banyak ditemukan di wilayah Gurun Gobi yang terbentang luas dari barat daya Tiongkok hingga Iran. Mungkin Anda heran kenapa di Indonesia tidak ditemukan fosil dinosaurus, padahal Indonesia memiliki wilayah yang besar di Asia Tenggara.

Sebelumnya, proses evolusi bumi terjadi dalam beberapa zaman, mulai dari zaman Arkeozoikum, Paleozoikum, Mesozoikum, dan juga Kenozoikum. Dinosaurus sendiri hidup pada masa Mesozoikum yaitu sekitar 252 hingga 65 juta tahun yang lalu. Sementara itu pada zaman tersebut sebagian besar wilayah Indonesia masih berada dalam lautan. Daratannya pun baru terbentuk sekitar 50 hingga 30 juta tahun yang lalu.

Dengan begitu dapat kita lihat bahwa rentang waktu antara munculnya daratan Indonesia dan zaman punahnya dinosaurus sangat lama sehingga tidak memungkinkan terdapat dinosaurus dan fosilnya di Indonesia. Penjelasan ini tentunya sudah menjawab rasa penasaran Anda tentang alasan mengapa fosil dinosaurus tidak ada di Indonesia.