Teknologi

Kenali Teknologi Face Recognition untuk Tilang Pengendara Tanpa Plat!

November 09, 2022
0 Komentar
Beranda
Teknologi
Kenali Teknologi Face Recognition untuk Tilang Pengendara Tanpa Plat!

 

Teknologi Face Recognition saat ini banyak digunakan polisi untuk menilang para pengendara yang menghindari tilang elektronik dengan cara mencopot plat kendaraan. Jadi apa itu sebenarnya Face Recognition? Simak penjelasannya berikut ini.

Penjelasan Mengenai Teknologi Face Recognition

Face Recognition adalah cara untuk mengidentifikasi individu dengan menggunakan wajah mereka secara langsung. Hal tersebut dapat berupa video dan foto, secara real time atau langsung. Teknologi tersebut termasuk dalam keamanan biometrik, sehingga digunakan sebagai keamanan serta penegakan hukum. Untuk cara kerjanya yaitu sebagai berikut :

  1. Mendeteksi wajah seseorang seperti penggunaan kamera yang nantinya akan menangkap gambar tampak lurus ke depan.
  2. Setelah itu, teknologi tersebut akan secara otomatis menganalisis gambar yang ditangkap tadinya. Hal tersebut guna untuk membedakan wajah setiap orang.
  3. Nah, pada proses analisis tersebut diubah menggunakan kode numerik atau disebut faceprint. Hal tersebut nantinya akan mengubah informasi analog menjadi sekumpulan informasi digital.
  4. Apabila wajah yang sudah berhasil dianalisis, lalu akan dibandingkan dengan database wajah orang lain. Jika sudah berhasil dan cocok, kemudian akan diambil ketentuan untuk ditilang.

Nah, itulah penjelasan mengenai Teknologi Face Recognition yang saat ini digunakan para Polri. Hal tersebut tentunya untuk mengantisipasi para pengendara yang tidak patuh. Jadi sebagai pengendara kamu juga perlu bijak untuk hal tersebut agar tetap selamat maupun terhindar dari denda.