Lain-Lain

Apakah teknologi membuat orang menjadi lebih pintar?

November 18, 2022
0 Komentar
Beranda
Lain-Lain
Apakah teknologi membuat orang menjadi lebih pintar?


Banyak yang percaya bahwa penemuan teknologi baru membuat orang lebih pintar. Pikiran manusia beradaptasi dengan cara berpikir baru dan menciptakan ide-ide baru. Teknologi telah mengubah cara kita hidup, dan perubahan itu telah meningkatkan kemampuan mental kita. Tetapi, ada faktor lain yang menyebabkan penurunan ketajaman mental kita.

Banyak yang percaya bahwa dengan kemajuan teknologi, pikiran kita menjadi lebih cerdas. Perkembangan komputer, ponsel, dan internet telah memberi kita kemungkinan yang tidak terbatas. Teknologi telah memberi kita akses informasi 24 jam sehari. Hal itu membantu kita untuk belajar dan berkreasi. Yang lain ragu tentang seberapa banyak peran teknologi dapat membuat kita menjadi lebih  cerdas.

Permasalahan Utama

Otak kita mampu menciptakan lebih banyak ruang memori dan menyimpan lebih banyak informasi. Teknologi memungkinkan kita menyimpan catatan, berkomunikasi, dan menghibur diri sendiri dengan mudah. Namun, kelebihan informasi ini merusak kemampuan kognitif kita. Jumlah data yang kami buat lebih tinggi daripada jumlah ruang yang diperlukan untuk menyimpan semuanya. Kita harus mengembangkan cara baru untuk menangani semua kelebihan informasi ini. Beberapa orang percaya bahwa ini membuat kita menjadi lebih bodoh.

Kesulitan dalam mengelola semua informasi yang diciptakan oleh kemajuan teknologi baru-baru ini terbukti. Menurut data dari Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, rata-rata orang Amerika menghabiskan sekitar satu jam per hari menggunakan internet untuk tujuan rekreasi. Itu kira-kira 684 juta jam per tahun di Amerika Serikat saja- waktu yang cukup bagi semua pengguna untuk menonton setiap video YouTube dua kali. Sebagai perbandingan, orang Amerika menghabiskan rata-rata lima jam per hari menggunakan ponsel mereka untuk akses internet, yang berjumlah sekitar satu miliar jam per tahun.

Kemajuan teknologi telah menyebabkan penurunan jumlah waktu yang kita miliki untuk menggunakan kecerdasan kita secara menyeluruh. Smartphone memungkinkan pengguna untuk fokus pada tugas-tugas tertentu saat mereka sedang sibuk, dan hal itu membuang waktu mereka untuk bersosialisasi. Pada dasarnya semua teknologi modern memungkinkan kita untuk fokus pada hal tertentu dan memberi kita akses ke informasi yang kita butuhkan dengan cepat. Artinya, teknologi membuat kita lebih bodoh ketika menyita waktu yang kita habiskan untuk tidur atau melakukan tugas lain yang tidak terhubung dengan komputer atau ponsel.

Kemajuan teknologi telah meningkatkan kecerdasan manusia di abad yang lalu. Namun, kemajuan yang sama telah menyebabkan penurunan ketajaman mental dalam beberapa tahun terakhir. Kita telah memasukkan terlalu banyak informasi dan tidak cukup ruang untuk menyimpan semuanya di otak kita. Alih-alih membuat orang lebih pintar, teknologi mungkin malah membuat kita lebih bodoh.