Istilah

Apa itu Domain?

November 02, 2022
0 Komentar
Beranda
Istilah
Apa itu Domain?

 


Apa itu domain?

Khusus untuk internet , istilah domain dapat merujuk pada bagaimana internet terstruktur, dan domain juga mengacu pada bagaimana sumber daya jaringan organisasi diatur.

Apa itu domain internet?

Domain internet adalah struktur administratif untuk mengatur, memberikan, dan mengakses layanan di internet. Istilah “domain” dan “nama domain” sering digunakan secara bergantian (dalam konteks internet) karena struktur domain dikaitkan dengan bagaimana domain diberi nama.

Domain internet diatur sesuai dengan Domain Name Services ( DNS ), protokol lapisan aplikasi dan layanan yang digunakan pada jaringan untuk menerjemahkan nama host ke alamat IP yang di tuju. DNS adalah komponen penting dari internet. Ini diimplementasikan sebagai sistem hierarkis terdesentralisasi yang didistribusikan secara global di seluruh server DNS. Layanan ini bertindak sebagai direktori raksasa untuk menerjemahkan nama domain ke alamat IP dan sebaliknya alamat IP ke nama domain, terlepas dari di mana domain tersebut berada.

Sistem DNS memungkinkan pengguna internet untuk mengakses konten tanpa harus mengingat alamat ip. Misalnya, DNS memungkinkan pengguna mengetik tenar.id di browser untuk terhubung ke situs web tenariD, tanpa mengetahui alamat IP dari website tenar.id.

Domain internet diidentifikasi oleh alamat IP yang unik. Alamat ini memungkinkan perangkat yang terhubung ke internet untuk berkomunikasi langsung dengan domain tertentu. DNS menyederhanakan komunikasi menggunakan struktur penamaan hierarki.

Di bagian atas hierarki ini adalah domain Root, yang berfungsi sebagai induk untuk semua domain internet. Domain root berisi beberapa domain tingkat atas ( TLD s) yang berada tepat di bawahnya dalam hierarki DNS. TLD mengidentifikasi kesamaan geografis atau tujuan, seperti negara atau perusahaan komersial. Contohnya, TLD termasuk . com , .net, .org, .gov dan beberapa domain lainnya, termasuk kode negara.

Domain individu — seperti techtarget.com, usda.gov, atau redcross.org — berada tepat di bawah TLD. Setiap domain tingkat kedua dikaitkan dengan TLD tertentu, seperti yang ditunjukkan oleh komponen akhir dari nama domain. Misalnya, techtarget.com terletak di dalam TLD .com, usda.gov adalah bagian dari TLD .gov, dan redcross.org berada di dalam TLD .org.

Domain tingkat kedua juga dapat menyertakan subdomain, seperti di searchstorage.techtarget.com atau searchdatabackup.techtarget.com, yang merupakan bagian dari domain techtarget.com tingkat kedua.

Cek domain

Jika anda ingin mencari nama yang masih tersedia. Dengan lebih dari 1300 ekstensi tld anda dapat mencari nama domain di bosdomain.com