Tutorial

Meta Tag – Dampaknya pada SEO

November 05, 2022
0 Komentar
Beranda
Tutorial
Meta Tag – Dampaknya pada SEO

 

Definisi Meta Tag: Apa itu Meta Tag?

Meta Tag adalah potongan teks yang menjelaskan konten dari sebuah halaman web. Meta tag tidak terlihat di halaman web, tetapi hanya terlihat di kode sumber halaman atau kode html website. Meta tag pada dasarnya adalah deskriptor konten kecil yang membantu mesin pencari mengetahui isi tentang halaman web.

Meta tag hanya ada di HTML, biasanya di bagian head pada file html, sehingga hanya terlihat oleh mesin pencari.

Apakah Meta Tag Membantu SEO?

Ya, itu membantu, tetapi tidak semuanya dan tidak setiap saat. Salah satu tujuan halaman ini adalah untuk menjelaskan tag meta mana yang berpotensi membantu peringkat SEO Anda dan yang sebagian besar tidak digunakan.

Jika Anda ingin mengetahui apakah halaman tertentu menggunakan tag meta, cukup klik kanan di mana saja pada halaman dan pilih “Lihat Sumber Halaman.” Atau menggunakan tombol shortcut CTRL+U. Atau juga anda bisa mengetiknya, contohnya view-source:tenar.id

Meta tag
Meta tag

Ketahui Meta Tag Anda

Ada empat jenis utama meta tag yang perlu diketahui dan kami akan membahas semuanya di sini. Beberapa tidak berguna dan yang lainnya dapat digunakan secara teratur, dan kemungkinan besar akan meningkatkan lalu lintas Anda dengan memberi tahu Google siapa Anda dan apa yang Anda berikan. Ada lebih dari empat jenis meta tag, tetapi beberapa kurang umum atau tidak relevan dengan pemasaran web.

Empat jenis tag yang akan kita bahas di sini adalah:

Atribut Meta Kata Kunci – Serangkaian kata kunci yang Anda anggap relevan dengan halaman yang dimaksud.
Title Tag – Ini adalah teks yang akan Anda lihat di SERP dan di bagian atas browser Anda. Mesin pencari melihat teks ini sebagai “judul” halaman Anda.
Meta Description Attribute – Deskripsi singkat tentang halaman atau inti pembahasan dari halaman tersebut.
Atribut Meta Robots – Indikasi untuk perayap mesin telusur (robot atau “bot”) tentang apa yang harus mereka lakukan dengan halaman tersebut.

Atribut Meta Kata Kunci

Meta Kata Kunci adalah contoh tag meta yang tidak berguna lagi untuk digunakan sekarang ini. Bertahun-tahun yang lalu, tag kata kunci meta mungkin bermanfaat, tetapi sekarang tidak lagi.

Bertahun-tahun yang lalu, orang yang menginginkan halamannya tampil paling atas di google akan memasukkan kata kunci yang sama sekali tidak terkait dengan halaman mereka. Cara ini digunakan dalam upaya untuk membajak lalu lintas dari halaman yang lebih populer. Google akhirnya menjadi bijak dalam hal ini dan pada akhirnya memutuskan untuk mendevaluasi algoritma tersebut. Saat ini Google sama sekali tidak menggunakan kata kunci meta dalam algoritme peringkatnya, karena terlalu mudah disalahgunakan.

Tag Judul

Tag judul, di sisi lain, adalah yang paling penting dari semua tag meta yang dibahas di sini. Tag ini memiliki dampak nyata pada peringkat pencarian dan, mungkin sama pentingnya, adalah satu-satunya tag yang akan kita bahas di sini yang dapat dilihat oleh rata-rata pengguna. Anda akan menemukannya di halaman hasil pencarian:

contoh tag judul meta di SERP
contoh tag judul meta di SERP

Atribut Deskripsi Meta

Deskripsi meta adalah tag meta yang berguna karena, sangat sederhana, ini menjelaskan kepada mesin pencari isi dari halaman dan menarik pencari untuk mengunjungi halaman anda.

contoh deskripsi meta
contoh deskripsi meta

Penting untuk dicatat bahwa tag deskripsi meta tidak akan selalu muncul di hasil pencarian Google (Google sering mengambil potongan teks dari halaman itu sendiri). Google juga telah menyatakan bahwa kata kunci dalam deskripsi meta tidak akan mempengaruhi peringkat Anda . Namun, tag deskripsi meta yang menarik dapat menarik pencari untuk mengklik dari SERP ke situs Anda, terutama jika deskripsi menyertakan kata kunci yang mereka cari. Dan rasio klik yang kuat dari SERP secara tidak langsung dapat meningkatkan peringkat Anda .

Atribut Meta Robot

Dengan atribut ini, Anda memberi tahu mesin telusur apa yang harus dilakukan dengan halaman Anda:

index/noindex – Ini memberi tahu mesin apakah akan menampilkan halaman Anda di hasil pencarian atau tidak.
follow/nofollow – Ini memberi tahu mesin apa yang harus dilakukan dengan tautan di halaman Anda: apakah mereka harus mempercayai dan “mengikuti” tautan Anda ke halaman berikutnya atau tidak.

Kesimpulanya?

  • Tag Judul saja dapat memengaruhi peringkat mesin pencari Anda.
  • Tag deskripsi yang menarik dapat mendorong pengguna untuk mengunjungi situs Anda.
  • Deskripsi meta dapat berfungsi sebagai “teks iklan organik”.
  • Kata kunci meta tidak digunakan lagi oleh sebagian besar mesin pencari.