SEO

Google Menghentikan Dukungan untuk Endpoint Ping Sitemap

Juni 27, 2023
0 Komentar
Beranda
SEO
Google Menghentikan Dukungan untuk Endpoint Ping Sitemap

 

Gambar oleh pixabay

Google mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk endpoint ping Sitemap dalam enam bulan ke depan. Google mengatakan bahwa ini dikarenakan endpoint tersebut "tidak terlalu berguna" dan "sebagian besar pengiriman mengarah ke spam."

Google mengatakan bahwa ketika fitur ini resmi tidak didukung lagi, "permintaan HTTP ('ping') ke endpoint REST yang tidak didukung akan menghasilkan kesalahan 404." Bagi para sejarawan, Google telah mendukung ping sitemap sejak tahun 2007.

Ini terjadi beberapa bulan setelah Google mengatakan bahwa melakukan ping sitemap membantu konten baru ditemukan oleh Google lebih cepat. Namun, beberapa tahun yang lalu, Google harus memberi tahu para ahli SEO bahwa ping sitemap masih berfungsi - namun, hal itu tidak akan berlaku lagi pada akhir tahun ini.

Google juga menyebutkan bahwa Bing berhenti mendukung pengiriman sitemap anonim karena adanya spammer.

Sebagai gantinya, Google mengatakan untuk menggunakan tanggal lastmod dengan akurat di file sitemap Anda. Google menulis, "saat ini lastmod memang berguna dalam banyak kasus, dan kami menggunakannya sebagai sinyal untuk menjadwalkan crawling pada URL yang kami temukan sebelumnya." "Untuk elemen lastmod menjadi berguna, pertama-tama ia harus dalam format tanggal yang didukung (yang didokumentasikan di sitemaps.org); Search Console akan memberi tahu Anda jika tidak sesuai setelah Anda mengirimkan sitemap. Kedua, elemen tersebut harus konsisten dengan realitas: jika halaman Anda berubah 7 tahun yang lalu, tetapi Anda memberitahu kami dalam elemen lastmod bahwa halaman tersebut berubah kemarin, pada akhirnya kami tidak akan mempercayai Anda lagi dalam hal tanggal terakhir kali diubahnya halaman-halaman Anda," tambah Google.

Google juga mengatakan bahwa Anda dapat mengirimkan sitemap melalui file robots.txt dan Google Search Console.

Beberapa bulan yang lalu, Google berbicara tentang tag lastmod di sitemap dan mengatakan bahwa jika Anda "menyediakan sesuatu yang baru untuk mesin pencari yang ingin Anda tampilkan dalam hasil pencarian," maka perbarui tanggal lastmod, jika tidak, maka tidak perlu.

John menambahkan, "Masalahnya lebih pada beberapa CMS/server yang mengatur lastmod ke tanggal/waktu saat ini untuk semua halaman. Ini membuat data tersebut tidak berguna. CMS yang baik yang mengaturnya dengan cermat, meskipun tidak selalu sempurna, jauh lebih berguna."

Sebagai pengingat, pada tahun 2015, Google mengatakan bahwa mereka sebenarnya tidak menggunakan tanggal lastmod, tetapi kemudian mengubahnya pada tahun 2020 dengan mengatakan bahwa mereka melakukannya. Dokumentasi Google saat ini mengatakan, "Google menggunakan nilai lastmod jika itu secara konsisten dan dapat diverifikasi (misalnya dengan membandingkannya dengan modifikasi terakhir halaman) akurat."

Baru-baru ini, Microsoft Bing mengatakan bahwa tanggal lastmod sangat penting dan memberikan statistik yang sangat berguna tentang bagaimana orang memperbarui tanggal tersebut.