Pengetahuan

Pengertian Prosesor dan Mengenal Definisi Prosesor

Maret 17, 2023
0 Komentar
Beranda
Pengetahuan
Pengertian Prosesor dan Mengenal Definisi Prosesor


Pengertian Prosesor adalah sebuah IC yang berperan sebagai mengontrol jalannya sebuah sistem pada komputer, prosesor merupakan otak atau pusat terpenting dalam sebuah komputer. Prosesor terletak pada ruang didalam motherboard. Pada saat kita membeli sebuah komputer atau laptop, tentu prosesor menjadi pertimbangan penting untuk memaksimalkan suatu komputer atau laptop yang akan kita beli. Terdapat beberapa jenis prosessor, gahkan banyak sekali sekarang jenis tersebut seiring perkembangan jaman dan permintaan konsumen terhadap suatu produk yang semakin tampil maksimal serta berkualitas. Banyak sekali dari berbagai merk prosesor yang dipasarkan antara lain AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Dengan melihat Pengertian prosesor singkat diatas maka dapat disimpulkan bahwa kapasitas Prosesor sangatlah berpengaruh terhadap kinerja serta kecepatan akses komputer. Dari definisi prosesor diatas sedikit kita telah mengetahui secara umum tentang apa itu prosesor.

Pengertian Prosesor – 3 bagian penting dalam prosesor

Terdapat beberapa komponen dalam prosesor, dari hal tersebut dapat kita ketahui tugas dari masing-masing bagian. Disini terdapat 3 bagian yang terpenting dalam suatu prosesor antara lain :


Aritcmatics Logical Unit (ALU) : merupakan alat yang melakukan pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan dll), pelaksanaan logis (NOT, OR, AND) serta pelaksanaan perbandingan (membandingkan dua slot isi untuk kesetaraan).

Control Unit (CU) : alat yang berperan sebagai pengontrol didalam komputer bertugas memberitahukan unit masukan mengenai waktu pemasukan, jenis data dan tempat penyimpanan. Control Unit juga mempunyai tugas memberitahukan terhadap Aritcmatics Logical Unit mengenai operasi yang harus dilakukan.

Memory Unit (MU) : adalah bagian dari prosesor yang berperan untuk menyimpan alamat register data yang sebelumnya telah diolah oleh Aritcmatics Logical Unit dan Control Unit.

Sebelum anda membeli sebuah komputer atau laptop pastikan anda terlebih dahulu mengetahui pengertian prosesor, agar anda dapat menyesuaikan pada kebutuhan anda. Misalnya anda adalah pecinta game, atau seorang yang mencintai desain grafif tentunya anda akan lebih berhati-hati dan lebih memilih prosesor yang mampu untuk memaksimalkan kinerja anda.


Pengertian Prosesor – Fungsi Prosesor

Dari gambaran secara umum dari pengertian prosesor, saatnya kita mengetahui tentang fungsi prosesor. Prosesor berfungsi sebagai suatu proses pengolahan data dari masukan/input yang seterusnya akan menghasilkan keluaran/output. Prosesor sangat erat kaitannya dengan komponen-komponen komputer yang lain. Sebagai otak dari sebuah komputer, maka prosesor sering dijadikan sebagai inti dari sebuah CPU. Jenis dari prosesor merupakan pertimbangan penting dalam membeli komputer. Berikut diatas sedikit informasi mengenai pengertian prosesor.

Sumber