Istilah

Pengertian Expired Domain dan Dropped Domain

Maret 19, 2023
0 Komentar
Beranda
Istilah
Pengertian Expired Domain dan Dropped Domain

 


Expired Domain adalah domain yang memasuki masa akhir kontrak (expired) dengan registrar seperti Godaddy.com dan kemungkinan tidak diperpanjang lagi oleh pemilik domain sebelumnya. Selama domain tersebut belum di hapus oleh registrar maka statusnya adalah expired domain. Ini berarti domain tersebut masih memiliki umur domain sebelumnya (disebut juga aged domain). Biasanya pemilik asli masih bisa melakukan perpanjangan domain selama masih dalam masa tenggang setelah tanggal expired diberikan. Setelah masa tenggang habis maka tahap berikutnya domain tersebut akan dihapus / deleted. Namun sebelum di delete biasanya domain tersebut akan di lelang oleh registrarnya seperti di auctions.godaddy.com.

Beberapa pemilik domain ada yang lupa untuk renew / memperpanjang domain mereka, beberapa lainnya sudah tidak ingin lagi memakai domain itu atau ada juga pemilik yang pindah ke proyek lain. Bagi kebanyakan orang domain tersebut hanya sebatas domain expired saja dan tidak memiliki nilai apapun. Mereka hanya melihat itu hanya sebatas nama domain orang lain yang dihapus oleh pemiliknya dan beralih ke domain baru, akan tetapi bagi yang tahu tentang SEO atau pentingnya Backlinks berkualitas, expired domain adalah “uang” yang menunggu untuk dijemput.

Dropped Domain adalah expired domain yang sudah tidak lagi diperpanjang oleh pemiliknya dan domain tersebut telah di hapus / deleted oleh registrar (biasanya umurnya kembali nol) karena sudah melawati masa tenggang setelah tanggal expired diberikan kepada pemilik domain.

Domain-domain yang telah dihapus ini sangat memungkinkan untuk diregistrasi dan bisa dimiliki kembali dengan hanya membayar biaya registrasi (regfee) normal pada registrar domain pilihan anda seperti Godaddy.com.

Aged domain adalah domain yang berusia minimal 1 tahun. Biasanya domain ini didapat dari hasil lelang expired domain seperti di auctions.godaddy.com. Aged domain biasa digunakan untuk kepentingan SEO seperti PBN, dummy blog, atau bahkan dijadikan website utama. Efek aged domain bisa memberikan akselerasi yang sangat cepat dalam optimasi SEO. Hal ini dikarenakan nilai trust yang tinggi terhadap aged domain yang memiliki backlink berkualitas.

Sumber : http://terasbisnis.com/pengertian-expired-domain-dan-dropped-domain