Dunia Pengetahuan

Mengenal Konsep Blockchain: Apa itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

April 14, 2023
0 Komentar
Beranda
Dunia
Pengetahuan
Mengenal Konsep Blockchain: Apa itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

 

Mengenal Konsep Blockchain: Apa itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Blockchain adalah konsep teknologi yang mulai dikenal publik sejak diluncurkannya mata uang digital Bitcoin pada 2009. Namun, seiring dengan berkembangnya waktu, konsep blockchain ini memiliki potensi yang lebih luas dan bisa diaplikasikan pada berbagai jenis industri.


Konsep Blockchain

Secara sederhana, blockchain adalah sebuah basis data (database) yang terdistribusi dan terenkripsi. Basis data ini diatur oleh protokol (aturan) tertentu dan dilindungi oleh kriptografi sehingga aman dan sulit untuk dimanipulasi. Basis data ini juga terdistribusi, artinya tidak terpusat pada satu pihak saja, melainkan tersebar di berbagai komputer yang terhubung dalam jaringan.


Cara Kerja Blockchain

Blockchain bekerja dengan cara membangun blok-blok data yang saling terhubung. Setiap blok berisi data transaksi yang dilakukan oleh pengguna blockchain. Setiap kali terjadi transaksi, blok baru akan ditambahkan ke dalam blockchain. Setiap blok memiliki kode unik yang terhubung dengan blok sebelumnya, sehingga membentuk rangkaian blok (blockchain) yang tidak bisa diubah-ubah.

Keamanan di dalam blockchain dijamin oleh kriptografi, sehingga data yang tersimpan di dalam blockchain sangat sulit untuk dimanipulasi. Selain itu, karena basis data ini terdistribusi, maka terjadinya serangan pada satu titik (komputer) tidak akan mengganggu keseluruhan jaringan.


Perkembangan Blockchain

Konsep blockchain semakin populer dan diaplikasikan pada berbagai jenis industri. Selain pada mata uang digital, blockchain juga digunakan pada sistem voting, logistik, identitas digital, dan banyak lagi. Bahkan, perusahaan besar seperti IBM dan Microsoft sudah mengembangkan teknologi blockchain untuk keperluan bisnis mereka.

Dalam beberapa tahun ke depan, perkembangan blockchain diprediksi akan semakin pesat dan semakin banyak aplikasi baru yang muncul. Penggunaan blockchain juga diharapkan bisa membawa perubahan besar pada beberapa industri dan mempermudah proses bisnis secara global.

Demikianlah penjelasan mengenai konsep blockchain, cara kerjanya, dan perkembangannya. Sebagai teknologi yang relatif baru, blockchain masih memiliki banyak hal yang perlu dijelaskan dan ditemukan. Namun, potensi besar yang dimilikinya menjadikan blockchain sebagai teknologi yang patut untuk diperhatikan dan dikembangkan.