Istilah SEO

Apa Itu MetaTag?

Maret 15, 2023
0 Komentar
Beranda
Istilah
SEO
Apa Itu MetaTag?
Gambar oleh tenar.id

Meta tag digunakan untuk mendeskripsikan konten halaman web. Mereka memiliki banyak kegunaan dan jenis yang berbeda. Mereka digunakan untuk mendeskripsikan konten halaman web, kata kunci, dan informasi lainnya. Mereka juga digunakan untuk menampilkan status halaman web, ukuran, tanggal modifikasi terakhir dan penulis. 

Sebuah meta tag adalah teks dalam dokumen HTML yang memberikan informasi tentang halaman web. Tag ini ditempatkan di bagian kepala halaman web, tetapi dapat ditempatkan di mana saja di kode halaman. Bagian kode HTML ini ditulis di dalam tanda kurung, dan ada banyak tag yang membentuk tag meta. Ada tiga jenis utama meta tag—tag heading, tag deskripsi, dan tag kata kunci. Tag heading digunakan untuk memulai deskripsi situs Anda, seperti judul dan deskripsinya. Ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan struktur situs Anda dan organisasinya. Tag deskripsi digunakan untuk menjelaskan tentang situs Anda. Ini dapat mencakup ringkasan singkat atau informasi yang lebih rinci. Tag kata kunci yang digunakan untuk memasukkan kata kunci ke halaman web Anda sehingga peringkatnya lebih baik di mesin pencari.

Tag meta penting untuk peringkat yang baik di mesin pencari. Mesin pencari menggunakan tag meta untuk memahami halaman web dengan lebih baik sehingga mereka dapat memberikan hasil yang lebih baik kepada pengguna saat mencari sesuatu secara online. Sebagian besar mesin telusur langsung menampilkan hasil untuk penelusuran penggunanya. Namun, beberapa mesin telusur menyimpan hasilnya agar orang dapat menelusuri dengan nyaman, bukan langsung saat seseorang melakukan penelusuran. Selain itu, beberapa mesin pencari menampilkan iklan untuk sponsor mereka di samping hasil pencarian yang mereka tampilkan kepada pengguna mereka — dengan cara ini pengguna mereka melihat hasil sponsor yang relevan bagi mereka sebagai lawan dari iklan yang tidak terkait dari situs web lain.

Kata kunci adalah bagian penting meta tag, karena membantu pengguna menemukan situs web Anda melalui pencarian di mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo! Selain itu, tag meta membantu Anda mengatur halaman web dengan benar sehingga tidak ditandai oleh browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer karena memiliki format kode yang buruk atau elemen yang hilang seperti tag meta. Elemen-elemen ini memungkinkan pengguna menemukan informasi dengan cepat di situs web tanpa harus menggali kode di setiap halaman situs web— mereka hanya perlu melihat tag meta!

Meta tag adalah elemen kode yang sangat berguna karena membantu pengguna menavigasi situs web dan menemukan apa yang mereka cari lebih cepat dari sebelumnya. Banyak elemen berbeda digabungkan bersama untuk membuat tag meta, menjadikannya kompleks tetapi sangat diperlukan untuk penggunaan internet modern!