Istilah

Apa itu Kecerdasan Buatan?

Maret 11, 2023
0 Komentar
Beranda
Istilah
Apa itu Kecerdasan Buatan?

 


Kecerdasan buatan (AI) adalah bidang ilmu komputer yang membahas masalah kognitif yang biasanya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, pemecahan masalah, dan pengenalan pola. Kecerdasan buatan, sering disingkat menjadi "AI", dapat berarti robotika atau skenario futuristik, dan kecerdasan buatan (AI) bergerak melampaui robot sci-fi menjadi non-fiksi ilmu komputer canggih modern. Profesor Pedro Dominguez, seorang peneliti terkemuka di lapangan, menjelaskan "lima suku" pembelajaran mesin, termasuk simbolik, yang berasal dari logika dan filsafat; koneksionis, yang berasal dari ilmu saraf; evolusioner, dan terkait dengan biologi evolusioner; Bayesian, terkait dengan statistik dan probabilitas, dan analogi yang berasal dari psikologi. Baru-baru ini, kemajuan dalam efisiensi komputasi statistik telah memungkinkan kesuksesan Bayesian untuk memajukan bidang di sejumlah area yang dikenal sebagai "pembelajaran mesin". Demikian pula, kemajuan dalam komputasi jaringan telah menyebabkan koneksionis memperluas ke subbidang yang disebut "pembelajaran mendalam". Machine learning (ML) dan deep learning (DL) adalah bidang ilmu komputer yang berawal dari disiplin kecerdasan buatan [1].

Menguraikan lebih lanjut, membuat program yang mensimulasikan kecerdasan manusia adalah bagian dari ilmu komputer. Jadi bisa dibilang kecerdasan buatan adalah ilmu yang memungkinkan komputer meniru cara berpikir dan berperilaku manusia[2].


Referensi:
1. Apa itu Kecerdasan Buatan?.https://aws.amazon.com/id/machine-learning/what-is-ai/ Diakses 2023-03-11
2. Artificial Intelligence Itu Apa Sih? Robot?.https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20190908023128-25-97841/artificial-intelligence-itu-apa-sih-robot Diakses 2023-03-11