Tutorial

Cara Membuat Kata Sandi yang Aman dari Peretas

Oktober 29, 2022
0 Komentar
Beranda
Tutorial
Cara Membuat Kata Sandi yang Aman dari Peretas

 

Password atau kata sandi harus dibuat dengan aman agar akun yang kita miliki tidak mudah diretas oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebisa mungkin kata sandi ini dirahasiakan pada siapapun termasuk orang dekat.

Pentingnya sebuah kata sandi menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sebagian besar orang, karena kata sandi adalah gerbang untuk masuk ke dalam sebuah akun. apalagi akun tersebut merupakan akun yang menyimpan banyak aset kita, seperti akun paypaal, akun fanspage facebook atau akun google adsense.

Selain akun tersebut akun sosial media juga merupakan akun yang sangat berharga, karena akun tersebut merupakan identitas perwakilan diri kita di dunia maya. seperti akun instagram, facebook, twitter, tumblr dan masih banyak lagi.

Selain merahasiakan kepada orang lain, agar kata sandi kita tidak mudah diretas tentunya kita harus membuat kata sandi itu seunik mungkin dan tidak mudah di ingat oleh orang lain. maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips membuat kata sandi yang tidak mudah diretas atau tidak mudah dibajak oleh orang lain.

Cara Membuat Kata Sandi yang Aman
1. Gunakan kata sandi yang unik
Bagaimana kata sandi yang unik itu ? kata sandi yang unik adalah kata sandi yang tidak menggunakan kata atau kalimat umum. Atau bisa dikatakan unik apabila kata sandi itu jarang digunakan oleh orang lain atau jarang digunakan padaumumnya.

Sangat tidak disarankan menggunakan kata sandi yang sangat umum seperti menggunakan angka dari satu sampe sembilan ( 123456789 ) atau kata sandi menggunakan nama kota, nama pacar atau menggunakan angka dari tanggal lahir. Karena kata-kata seperti itu sangat mudah di hafalkan oleh banyak orang.

Penggunaan kata sandi yang aneh bisa juga menjadi solusi, namun kata tersebut masih gampang di ingat oleh kamu sendiri. contohnya adalah “BKNktS4nd!” ( dibaca : bukankatasandi ). atau kata apapun yang dapat di kombinasikan dengan menggunakan perpaduan angka dan huruf.

2. Gunakan Perpaduan Karakter
Dengan adanya perpaduan karakter bisa menjadikan kata sandi yang kamu gunakan menjadi unik. Sepeti pada poin pertama sudah di bahas. Penggunaan perpaduan karakter ini juga bisa memperkuat stansarisasi keamanan pada kata sandi yang kamu miliki.

Gunakan perpaduan huruf kapital, angka dan simbol. Dengan adanya perpaduan ini kekuatan keamanan pada kata sandi akan semakin bagus dan semakin sulit untuk diretas oleh orang lain.

3. Gunakan kata sandi yang berbeda pada setiap akun
Biasakan menggunakan kata sandi yang berbeda di setiap akun, baik itu akun sosial media atau akun lainnya seperti internet banking. Namun jika kamu tidak ingin ribet dengan kata sandi yang berbeda-beda, bisa disiasati dengan perbedaan di akhirannya saja.

Contoh Kata Sandi berbeda setiap akun :

T3n4R.iD kata sandi akun utama

t€N@r.!& Kata sandi facebook

4. Gunakan fasilitas password generator yang banyak disediakan gratis di internet seperti di situs itool.id, disana anda dapat memilih berapa panjang passwordnya, karakter, nomor, dan simbol apa saja yang di akan di acak. Atau anda juga dapat menggunakan password generator bawaan dari google. Ketika anda mau memasukkan password google akan menyarankan pasword acak yang mengkombinasikan huruf dan angka dan special character.

Dengan menggunakan kata sandi seperti contoh di atas, kamu akan tetap mudah mengingatnya, namun kata sandi tersebut tetap memiliki karakter yang berbeda-beda.

Tips membuat kata sandi yang benar
Selain cara yang sudah dipaparkan di atas, perhatikan juga tips berikut agar kata sandi yang kamu gunakan akan lebih aman :

Jangan menggunakan nama nama orang terdekta dan tanggal lahir. Jika akan menggunakan, modifikasi dahulu menjadi karakter yang unik.
Ganti kata sandi secara berkala.
Usahakan jangan menggunakan kata dari bahasa inggris.
Gunakan kata sandi lebih dari 8 karakter lebih panjang lebih baik.
Jangan gunakan kata sandi yang sudah dipake orang lain.
Jangan gunakan kata sandi secara defaut.
Segera ganti kata sandi jika ada aktifitas yang mencurigakan.
Demikian tips cara membuat kata sandi yang aman , jaga selalu keamanan dan privasi pada setiap akun kamu sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap akun-akun tersebut. Perlu di ingat juga jangan asal memberikan kata sandi pada orang lain apalagi pada orang yang baru kenal. Semoga bermanfaat.